Yang dimaksud
dengan Electronic Business atau E-Business adalah
suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat
elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi
dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat
dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh
keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan
untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang
berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.
E-business dapat
dikatakan juga sebagai iklan supaya para konsumen dapat membeli produk-produk
perusahaan. Sehingga e-business sangat berguna bagi e-comerce, karena fungsi
dari e-business yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan
seperti bagian prroduksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan
menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus
mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.
B.
Strategi e-business pada perusahaan
Adapun konsep atau
strategi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business dapat dibagi
menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
a. ERP
(Enterprise Resource Planning)
Merupakan strategi
bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk
berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses
dalam berbisnis.
Apakah yang dimaksud
E-Business?
b. EAI
(Enterprise Application Programs)
Merupakan strategi
bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar
perusahaan dapat bertukar informasi.
c. CRM
(Customer Relationship Management)
Merupakan strategi
bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di
desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
d. SCM (Supply
Chain Management)
Merupakan strategi
manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
C. Keuntungan yang
bisa di dapatkan dari e-business
Beberapa keuntungan
yang bisa di dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan
e-business perusahaan atau pembisnis dapat memperluas pasarnya sehingga
dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis
dapat menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi
dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen dapat melihat barang,
spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu
repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di
mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan
media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak
lagi keuntungan yang lainnya.
D. Kelebihan dan
kelemahan e-business
Adapun beberapa
keunggulan atau kelebihan dari e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Akses yang mudah
Maksudnya supaya dapat
terhubung atau berinteraksi jarak jauh atau tidak langsung dengan konsumen,
para pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
b. Lebih tepat sasaran
Jadi para pembisnis
yang mempromosikan produknya akan lebih tepat sasaran, sehingga konsumenpun
akan bertambah.
c. Menghemat waktu
Jika untuk
berinteraksi ataupun bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui rekan
bisnis, maka dengan e-business komunikasi dapat dilakukan secara online di
internet sehingga dapat menghemat waktu.
d. Tidak membutuhkan
modal yang terlalu besar
Kebanyakan slalu orang
beranggapan bahwa untuk memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup
besar, khususnya dalam melakukan promosi produk yang akan di jual. Sedangkan
sekarang ini dapat dilihat banyak sekali orang yang berbisnis menggunakan
internet atau secara online dengan modal yang sedikit atau tidak terlalu besar.
Hanya dengan modal yang kecil dan di dukung dengan koneksi internet yang
memadai, banyak orang yang langsung bisa menjalankan bisnis. Contoh bisnis di
internet adalah menjadi reseller, jadi hanya menjual ulang produk-produk yang
dijual oleh penjual lain tentunya dengan kesepakatan yang sudah disepakati
sebelumnya.
Adapun beberapa
kelemahan yang dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Tidak adanya
pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun sebaliknya
Jadi tidak ada akses
antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi tatap muka secara
langsung antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus membuat
kesepakatan terlebih dahulu.
b. Beresiko terjadinya
penipuan
Karena transaksi tidak
secara langsung maka beresiko terjadinya penipuan, terutama bagi pembisnis
pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet. Tapi saat ini
banyak sekali cara untuk menghindari penipuan salah satunya dengan transaksi
menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi menjadi lebih aman.
E. Unsur-unsur
e-busines
Adapun unsur-unsur
pada e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Pelaku bisnis
Diantaranya seperti
Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.
b. Alat, media atau
sumber daya yang digunakan
Diantaranya seperti
Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
c. Kegiatan dan
sasarannya
Diantaranya seperti
kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi
bisnis utama.
d. Tujuannya
Diantaranya seperti
komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan
berbagi informasi.
e. Beberapa keuntungan
yang bisa di dapatkan
Diantaranya seperti
pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan
produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.
F. beberapa contoh
e-business
Beberapa contoh
e-business saat ini yaitu koran atau media cetak yang ada berbasis online-nya,
jadi tidak hanya media cetaknya saja. Banyak sekali media cetak yang
menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja tapi juga melalui
media online di internet dan tentunya banyak sekali keuntungan yang bisa
didapatkan misalnya seperti: berita yang bisa diakses kapan saja oleh
seluruh masyarakat dan berita yang lebih update dll. Lalu contoh lainnya saat
ini banyak sekali toko-toko fashion yang tidak hanya menjalankan bisnisnya di
dunia nyata tapi mereka juga menjalankan bisnisnya dengan cara online.
Bagaimana apakah kamu
sudah mengerti tentang apa itu e-business? Demikianlah penjelasan atau artikel
tentang pengertian e-business, jika kamu beranggapan tulisan ini sangat
bermanfaat jangan lupa untuk men-sharenya ya…, sekian dan terimakasih.
0 Komentar