Toko Online akan cepat pertumbuhannya manakala jeli melihat peluang pasar,
mampu membuat pasar menginginkan produknya, dan berhasil membuat konsumen
percaya dan kembali datang. Memiliki toko online saja tidak cukup.
Toko online adalah senjata, the
men behind the guns lah yang utama. Berikut 9 strategi bisnis
toko online agar Anda lebih mudah mendapatkan Deal dengan
calon pembeli dan membuat mereka kembali datang.
9 Rules Agar Sukses
Bisnis Online
1. Jujur
Bahkan pembohong sekalipun tidak suka dibohongi. Hindari menjual barang
yang terlalu berbeda dengan gambar. Tak sedikit yang trauma beli barang online
karena barangnya jauh berbeda dengan gambar.
Saat pembeli bertanya “Apakah barang aslinya sama dengan yang di photo,”
dan Anda menjawab “Tentu saja sist, sama persis” padahal kenyataannya beda,
hampir dipastikan dia tidak akan kembali. Mana ada pembeli yang mau merasa
tertipu kedua kali. Belum lagi jika dia mengajurkan teman-temannya untuk tidak
membeli di toko yang pernah membuatnya merasa tertipu.
Jika memang beda, katakan saja beda. Jika memang bahannya bukan kualitas
nomor saja, ada banyak cara untuk membuat mereka tetap membeli.
Contoh:
“Barangnya tidak sama persis, ada perbedaan kecil dengan gambar, misalkan
warna kancing. Kadang produsen memang sengaja untuk variasi,”
“Secara umum produk ini ada tiga kualitas, bagus banget, cukup bagus, dan
jelek. Yang paling bagus mahal banget, kalo yang Saya jual cukup bagus dan
nyaman, sejauh ini belum pernah ada complain dari pelanggan.”
2. Website User Friendly
& Profesional
Buat situs yang mudah digunakan oleh user. Terserah bagaimana caranya, yang
penting pengunjung bisa dengan mudah memilih produk berdasarkan kategori,
harga, dan fresh tidaknya stok.
Selain navigasi yang mudah, maaf sedikit kasar, jangan sampai tampilan
website kita kalah dengan situs penipu. Meski potensi jual beli online di
Indonesia terus meningkat, orang butuh percaya pada kesan pertama.
Kata penyanyi ambisius kita Agnes
Monica, tidak ada kesempatan kedua untuk first impression”.
Jadi kalau situsnya tidak nyaman bagi pengguna dan terlihat tidak professional,
ada tombol silang di kanan atas yang menanti.
Bisnis Online 3 Kunci
Branding Toko Online: Many Choices, New Arrivals, & Special Discount
3. Personal Service
Meski secara online, konsumen adalam
Real-Human, beri mereka pelayanan personal. Saat mereka
bertanya cara order, banyak dari kita yang hanya Copas “Notes” berisi tata cara
order. Cara ini efektif untuk menyingkat waktu, tapi jangan lupa tambahkan
kalimat bersahabat seperti “Kalau ada yang perlu ditanyakan, jangan
sungkan-sungkan menghubungi yah”
Ini jaman digital, tak memungkinkan
terjadi interaksi face to face. Penekanan pada personal
service adalah step awal yang baik untuk membuat calon konsumen
nyaman. Ya, kita memang menjual pelayanan. Make your customer feel
special.
Jika merekrut orang untuk menjadi customer service, temukan yang memilik
Kecerdasan Emosi cukup baik. Sekali lagi, EQ bukannya nilai raport tinggi.
Mereka yang memilik EQ bagus biasanya memperlakukan orang lain dengan baik dan
bisa mengontrol emosi.
4. Say No to Over Broadcast (BC)
#SBC
#SBC
#SBC
Walaupun di akhir BC ditambahkan note
Sorry Broadcast (SBC), alih-alih ingin laris, jika terus-terusan Anda justru
bisa didelcon alias Delete Contact.
Saya banyak yang tidak nyaman dengan ini. Apakah broadcast tiga hari sekali
itu jarang? Namun bagi yang menerimanya, bisa jadi broadcast semingu sekali pun
sudah masuk kategori sering dan mengganggu. Saya lebih prefer update DP,
lagipula rata-rata orang langsung menutup begitu tahu ada BC.
5. Fast Respond
Bagaimana rasanya jika datang ke restoran dengan laparnya namun pelayan
tidak juga datang? Jika toko offline mungkin pembeli lebih memilih memanggil
pelayan karena sudah terlanjur masuk. Tapi untuk toko online? Jangan terlalu
berharap pembeli mau menunggu balasan sms yang lama. Apalagi jika yang dijual
adalah produk atau jasa yang mudah ditemukan di website lain.
Seorang pengusaha yang memiliki beberapa
minimarket dalam sebuah pertemuan mengatakan bahwa ada tiga syarat dalam bisnis
“Ada, bisa, dan unik.” So, meski produk available, unik tapi kalau
‘penjaga toko’ nya tidak bisa segera
melayani?
6. Pasang Call Centre
Masih berkaitan dengan point nomor 3, banyak toko online yang tidak
melayani telpon. Tidak masalah jika memang sudah memiliki pelanggan yang
banyak. Tapi untuk toko online yang masih sedang, atau baru, pertimbangkan
untuk melayani Tanya jawab via telpon. Bagaimanapun juga, kemudahan menghubungi
penjual menjadi rahasia sukses berbisnis online.
Untuk barang/jasa yang urgent, orang tidak lagi berpikir biaya telpon mahal
kok. Di luar sana mungkin ada calon pembeli yang tidak punya banyak waktu untuk
menulis pesan, telpon adalah cara cepat dan mudah untuk melakukan order.
7. Bantu Konsumen untuk Membeli
Ada tipe pembeli yang senang bertanya pada penjual mana barang yang lebih
bagus. Meski penjual, cobalah posisikan diri sebagai pembeli.
Saat mereka bertanya, “Produk A atau produk B ya sist”
Bisa dijawab “Produk A manis dan simple, kalau produk B banyak motif tapi
kesannya anggung, kalau saya suka A karena simple, tapi selera orang bisa
beda-beda sih”
Coba bandingkan dengan jawaban ini:
“Dua-duanya bagus kok sist”
Percayalah, pembeli akan merasa lebih senang jika penjual mau memposisikan
diri sebagai sahabat yang membantunya belanja, bukan sebagai penjual yang tak
sabar memindah sebagian uangnya ke rekening kita.
8. Reward untuk Pelanggan Terbaik
Jika benar-benar ingin memberikan pelayanan yang baik pada konsumen,
pastikan juga untuk membuat mereka setia. Memberikan poin untuk setiap
pembelanjaan akan membuat pembeli kembali datang.
9. Tepat Waktu
Kiat sukses menjalankan bisnis online
shop terakhir adalah tepat waktu. Taruhlah seorang suami mencarikan
kado ulang tahun istri yang jatuh pada 12 Oktober dan dia menemukan toko online
Anda sehari sebelumnya. Jika sudah mengatakan sanggup melakukan pengiriman hari
itu juga dan barang dijamin sampai pada tanggal 12, ingatlah untuk benar-benar
menepatinya. Tidak mengirim tepat waktu karena malas? Oh Please Honey! That’s not funny.
Bisnis online bisa menjadi pilihan tepat
bagi Bunda untuk membantu suami mencari nafkah tanpa harus meninggalkan rumah.
Betapa menyenangkannya saat pemasukan lancar dan selalu waktu untuk keluarga.
Nah, bagi yang baru mau menjalankan bisnis online, saran Saya, jika sudah ada
modal, bisa langsung beli produk dari distrbutor. Namun jika belum ada modal,
bisa memilih metode bisnis dropshipping.
At least but not last, semua butuh kerja
keras dan, tentu saja doa. Mungkin tidak mudah pada awalnya, tapi saat sukses
nanti, kita akan bangga menceritakan kegagalan-kegagalan yang ada.
0 Komentar